Perusahaan Sawit di Aceh Singkil Komitmen Keluarkan Kebun Plasma Sebesar 20 Persen

program pembangunan kebun masyarakat

topmetro.news – Wujud pengentasan kemiskinan, Kabupaten Aceh Singkil minta seluruh perusahaan sawit yang ada di daerah, melakukan program pembangunan kebun masyarakat. Yakni, kebun plasma sebesar 20%.

Terkait hal itu, pertemuan pun kemudian berlangsung di Hotel Four Points Medan. Hadir antara lain, Bupati Aceh Singkil, ketua dan anggota DPRK, beberapa kepala dinas, dan para staf ahli. Kemudian hadir Ketua YARA Aceh, DPD BAI, Apkasindo, perwakilan perusahaan sawit di Aceh Singkil, serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil dan para petinggi perusahaan menyepakati beberapa poin, di antaranya:

  1. Mempasilitasi pembangunan kebun masyarakat seluas 20% dari luas lahan izin yang diperoleh untuk petani di wilayah HGU dengan pola kerjasama. Bentuk pola kerja sama itu antara lain, a. Pola kredit, b. Pola bagi hasil, c. Bentuk pendanaan lainnya yang disepakati, dan d. Bentuk kemitraan lainnya.
  2. Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) di masing masing HGU.
  3. Pelaksanaan kemitraan bagi petani perkebunan kelapa sawit.

Dalam kesepakatan tersebut, pihak perusahaan berkomitmen dengan tenggang waktu, yaitu:

  • Perencanaan dalam waktu 1 bulan.
  • Pendataan dalam waktu 3 bulan.
  • Pelaksanaan dalam waktu 6 bulan.

Selain itu juga pihak perusahaan kelapa sawit juga berkomitmen persentase pemotongan pembelian wajib TBS masyarakat petani sebesar 2%.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment